‘Dr. Jekyll & Mr. Hyde’

Foto0205-horz

Judul : The Strange Case of  Dr. Jekyll & Mr. Hyde

Pengarang : Robert Louis Stevenson

Penerjemah : Nadya Andwiani

Editor : Andiek Kurniawan

Penerbit : PT. Tangga Pustaka

Halaman : 192 Halaman

Tahun Terbit : Cetakan I, November 2012

Kategori : Thriller, Fiksi, Klasik

Harga : Rp. 38.000,-

ISBN : 979-083-068-8

 

Novel ini berisi tentang rasa ingin tahu seorang pengacara terhadap klien sekaligus sahabat lamanya yang bernama Henry Jekyll. Adalah Mr. Utterson sang pengacara yang mempertanyakan surat wasiat yang dibuat oleh Dr. Jekyll. Mr. Utterson merasa bahwa surat wasiat yang ditulis oleh sahabat lamanya memiliki hal yang sangat tidak mendasar yaitu menyerahkan warisannya kepada Mr. Hyde yang sama sekali belum diketahui sosoknya oleh Mr. Utterson. Rasa penasaran yang begitu besar tidak membuat Mr. Utterson menyerah dan mempertanyakan kembali kepada Dr. Jekyll perihal surat wasiatnya. Nihil hasil yang didapat oleh Mr. Utterson menyebabkan dirinya menyerah hingga satu tahun kemudian kehebohan terjadi di kota London. Terjadilah kasus pembunuhan yang tanpa diduga Mr. Hyde menjadi tersangka utama. Dan tanpa diketahui alasannya dengan jelas entah mengapa Mr. Hyde sering kali terlihat berkeliaran di rumah Dr. Jekyll. Hal ini menyebabkan Mr. Utterson semakin bertanya-tanya mengenai hubungan diantara keduanya.

 

Awalnya aku pikir karena ada surat wasiat kupikir Dr. Jekyll sahabat Mr. Utterson ini sudah meninggal dan yang menjadi tersangka utama adalah Mr. Hyde. Ternyata semua duga prasangka saya dipatahkan semnejak halaman awal. Yah tentunya saya lumayan syok mengetahui ternyata sang tokoh Dr. Jekyll masih hidup dan sengaja membuat surat wasiat apabila terjadi sesautu terhadap dirinya sendiri. Aku sama halnya dengan Mr. Utterson dibuat bingung dan penasaran dengan segala sifat aneh dan tertutup Dr. Jekyll dari awal. Dan akupun sama gemasnya ingin tahu ada apa sih dengan dokter yang satu ini? Padahal sepertinya mereka berdua lumayan lama bersahabat tapi rasa-rasanya Dr. Jekyll ini sungguh orang yang berbelit-belit. Dan tanpa diduga aku dihadapkan pada kenyataan yang menyedihkan antara Dr. Jekyll dan Mr. Hyde. Merasa kasihan dan juga merasa tindakan mereka berdua sangat konyol. Terkadang manusia memang salah jalan dalam menempuh ke-eksistansi-an mereka. Mungkin hal ini lah yang terjadi pada Dr. Jekyll.

Karena ini novel terjemahan aku lumayan suka dengan terjemahan yang ada dibuku ini walau ada beberapa terjemahan yang menurutku agak konyol seperti penggunaan kata ‘ngalor-ngidul’ yang menurutku sangat merusak ke-klasikan buku ini. Yah maksudku masa sih para lelaki terhormat bakal menggunakan kata seperti itu. +_+

Tanpa sengaja saat gogling dan membaca resensi buku ini oleh Mba Melmarian disini bahwa memang karena ciri khas literatur klasik (terutama literatur yang ditulis dalam era Victoria) penjelasan yang digunakan sangat panjang-panjang dan terkesan berbelit-belit. Iya, memang itu yang terjadi cara Penulis menggabarkan keadaan malam aja berasa panjang banget. Sempet bikin aku bertanya-tanya juga tapi ternyata memang disitu letak keindahan karya klasik๐Ÿ™‚

Aku dibikin deg-degan dan penasaran tiap lembar yang kubaca dan sama sekali tidak menduga akhir yang diberikan oleh Penulis. Banyak renungan yang kudapat dari membaca novel ini. Novel ini lebih mengedepankan 2 sisi manusia antara baik dan jahat. Karena manusia mempunyai otak sudah seharusnya manusia dapat memahami antara hal yang baik dan jahat diantara dirinya. Aku sih lumayan ngerasa endingnya kurang se-paragraf lagi walau memang sudah dijabarkan secara mendetail. Cuma aku penasaran dengan nasib Mr. Utterson๐Ÿ˜€. Untuk yang suka novel klasik yang mempunyai genre misteri sangat cocok dikoleksi.

Oia aku aku suka banget konsep cover dari Penerbit Tangga. Apalagi pembatas bukunya suka banget! Iya deh ngaku aku emang norak kepincut covernya gara-gara pembatas bukunya. Hihihi. Ya pikirku tiap buku kan hanya dibonusin satu pembatas buku makanya jadi benda yang penting juga buat dikoleksi dan pembatas bukunya langsung aku patenkan dengan sampul buku.๐Ÿ˜€

Untuk keprihatinanku kepada Dr. Jekyll & Mr. Hyde aku beri nilai 3๐Ÿ™‚

 

Tentang Penulis

 

Image-1

sumber : disini

Penulis adalah seorang sastrawan, novelis, penyair, esais, dan penulis perjalanan yang dilahirkan pada tanggal 13 November 1850. Novel Dr. Jekyll & Mr. Hyde ini ternyata ditulis hanya dalam waktu tiga hari. Anehnya, novel ini menjadi sebuah karya Penulis yang sangat sukses, diterjemahkan ke berbagai bahasa dan diadaptasi dalam bentuk drama, teater, dan film. Setidaknya, dalam kurun periode setidaknya dalam kurun waktu 1908-2010 novel ini sudah diproduksi lebih dari 40 film di berbagai negara, baik dalam cerita utuh, sebagian, maupun film baru yang sebenarnya mengembangkan atau turunan dari novel ini. (Sumber: Halaman akhir buku ini)

2 thoughts on “‘Dr. Jekyll & Mr. Hyde’

  1. Baca yg terbitan Tangga Pustaka ya, aq baca terbitan Gramedia bagus kok, enak dinikmati, tidak ada padanan kata yang ‘aneh-aneh’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s