‘Black Beauty’

13067006191615255486_300x481

Judul : Black Beauty
Pengarang : Anna Sewell
Penerjemah: Nadiah Abidin
Tahun Terbit : Cetakan I, April 2010
Penerbit : Lingkar Pena Publishing House (Kelompok Mizan)
Jumlah Halaman : 388 hal
Kategori : Fiction, Novel Klasik
Harga : Rp. 49.000,

 

Rumah pertamaku. Sebuah padang rumput yang indah dengan segala yang menghiasnya. Aku hidup bersama Ibuku, Duchess—biasa dipanggil Pet—dan enam kuda jantan lainnya. Aku dibesarkan dengan dangat baik oleh Tuan-ku. Sehingga aku menjadi kuda yang tumbuh kuat dan beradab—tidak pernah menggigit dan menendang.
Aku diberi nama Black Beauty karena tubuhku yang hitam pekat dan terlihat menawan serta cerdas. Setelah cukup umur aku tinggal dengan Tuan-ku yang baru, yaitu Hakim Gordon. Aku hidup bahagia bersama Tuan-ku karena aku diperlakukan sanat baik. Sampai takdir berkata lain memisahkan-ku dengan Tuan-ku yang sangat baik. Kemalangan yang menimpa Nyonya kami.
Perubahan dari rumah pertama, kedua, ketiga dan seterusnya.
Pertemuan dengan teman-teman baru yang baik. Yang menambah wawasanku akan dunia luar yang terkadang berubah menjadi sangat kejam.

 

 

Membaca novel ini sangat menyenangkan bagiku. Awalnya aku sempat mengerutkan kening dan berfikir ‘Loh tokoh utamanya seekor kuda gitu?’ Dan memang benar adanya tokoh utama dari novel ini memang seekor kuda yang sangat tampan, menawan dan berperilaku sangat santun sehingga dicintai oleh semua orang. Cerita di novel ini memang sangat sederhana dan hanya berkisar kehidupan Black Beauty tapi sungguh sang penulis mampu menggambarkan cerita ini dengan indah sekali. Membuatku mau tak mau jatuh cinta pada sang Darkie yang manis. Dan jujur aku tidak pernah merasa bosan sejak pertama kali membaca bab-bab awal. Sudut pandang dari Darkie tidak membuatku kesulitan dalam mencerna isi cerita. Penggambaran yang detail oleh sang penulis membuat kita merasa seolah-seolah berada di padang rumput yang luas dan seolah-olah ikut bermain bersama Darkie seperti yang diceritakan di dalam novel. Dan hebatnya lagi, pembaca yang tidak mengerti selaku beluk kuda—seperti aku—tidak bakalan merasa susah mencerna pengetahuan-pengetahuan yang baru tentang dunia kuda. Karena pemaparan Darkie akan sangat membantu pembeca. Banyak sekali amanat yag bisa kita ambil dari novel ini. Aku pun jadi sadar bahwa semua makhluk hidup yang ada di dunia—termasuk binatang—patut kita hormati. Di novel ini kita diajak untuk menyelami kehidupan yang dirasakan oleh Darkie. Bagaimana ketika seekor kuda merasa bahagia, ketakutan, malu, bersemangat yang semua itu tergantung kita sang pemilik. Terkadang kita hanya menganggap karena yang kita hadapi hanya seekor binatang, kita dengan santainya bertindak semena-mena sekehendak hati. Kita seenaknya memecut kuda yang padahal tidak perlu kita lakukan. Disini kita diberi tahu bagaimana memerlakukan seekor binantang dengan baik agar binatang peliharaan kita pun akan patuh dan merasa dicintai.
Perpindahan Darkie dari satu rumah ke rumah lainnya dipaparkan dengan sangat pas dan pertemuan-pertemuan dengan teman baru menambah poin plus tersendiri. Tiap Kuda baru yang ditemui Darkie akan mempunyai masa lalu tersendiri. Cerita-cerita masa lalu yang diceritakan begitu indah oleh teman-teman baru Darkie. Memang tidak selalu cerita yang membahagiakan terkadang dengan cerita sedih yang membuat kita ikut terenyuh seperti Darkie.
Perjalanan yang ditempuh Darkie yang terkadang mulus dan berbelok ini membuatku langsung mencintai kuda ini. Dan membuatku berkeinginan untuk mencoba berkuda—minimal😀.
Banyak sekali istilah yang kudapat tentang kuda—tentu saja. Tentang breaking in, crupper, breeching, bit, check-rein yang dijelaskan sangat baik oleh Darkie. Satu hal yang membuat ku kecewa karena banyak sekali typo yang memang tidak terlalu parah tetapi sangat mengganggu karena cukup sering. Dan lagi-lagi cetak yang tintanya tipis dibeberapa halaman yang menggangu mataku. Dari segi cerita memang wajar sekali novel ini menjadi novel terlaris sepanjang masa🙂
Dan apalagi dengan ending yang manis, walau terkesan klise mau ga mau membuatku tersenyum juga🙂
Untuk Darkie yang manis dan selalu bersemangat aku kasih nilai 4,5🙂

Quotes yang aku sukai🙂

Duchess/Pet Hal 22

‘Semakin baik perangaimu, semakin baik perlakuan orang terhadapmu’

Grant Hal 327

‘Karena sayang sekali kalau kita tidak bisa menjadi tuan dari diri kita sendiri’

 

Tentang Penulis

Sewellanna

Anna Sewell, lahir di Norfolk, Inggris pada Maret 1820. Orang tuanya Isaac Sewell dan Mary Wright adalah penulis cerita anak-anaka yang sukses. Anna mengalami kecelakaan saat pulang sekolah, yang menyebabkan kaki Anna pincang selama sisa hidupnya, sehingga ia harus menggunakan kereta kuda untuk membantu mobilitasnya sehari-hari. Hal ini membuat Anna jatuh cinta pada kuda dan memiliki perjhatian pada isu perlindungan hewan.
Black Beauty adalah novel pertama dan satu-satunya yang pernah diterbitkan. Ia menjual naskah tersebut kepada penerbit lokal pada 24 November 1877 seharga 40 poundsterling. Sayangnya, lima bulan setelah novel tersebut terbit, anna wafat pada usia 58 tahun setelah mengidap penyakit hepatitis/bronchitis. Ia tak sempat menyaksikan suksesnya Black Beauty, yang termasuk salah satu novel paling laris sepanjang masa.

Karena kesuksesan novel Black Beauty, cerita tentang Darkie juga sudah diangkat ke layar lebar pada tahun 1921, 1946, 1971, 1972 (TV series), 1978, dan tahun 1994.

Berikut beberapa cover awal novel ini

Blackbeautyerstauflage

(Cover edisi pertama)

200px-blackbeautycoverfirsted1877

(First Edition, F.M. Lupton Publishing Company, New York City, New York)

Black-beauty-1994-movie-pictures

(Poster Black Beauty The Movie)

Sumber yang kudapat berasal dari novel Black Beauty sendiri dan Wikipedia

 

Yang lainnya

Fokus pagi adalah acara yang dibawakan oleh Tina Talisa setiap hari Senin-Sabtu pukul 06.00-07.00 di Indosiar. Program berita yang berisi ajang tribute dan apresiasi
bagi siswa dan pemuda berprestasi. Awalnya aku sendiri ga tau acara ini. Maklum aktivitas yang dimulai jam 7 pagi membuatku tidak sempat nonton TV dan dikala liburan tentu saja dihabiskan untuk bangun siang :b

Nah lalu apa hubungannya dengan novel ini? Sangat berhubungan sekali karena aku mendapatkan novel keren ini setelah mengikuti kuis buku yang diadakan fokus pagi. Dan ternyata menurut pengakuan fokus pagi hadiah-hadiah buku yang diberikan memang buku terbitan mizan populer. Salah satunya novel-novel klasik🙂

Nah bagi temen-teman yang juga suka novel klasik dan ingin mendapat novelnya secara gratis, tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan dengan mengikuti kuis di Twitter Fokus Pagi ini🙂

Dscf2383

(Salah satu acara Fokus Pagi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s