‘Melepas Ranting Hati’

250

Judul : Melepas Ranting Hati dan cerita lainnya

Pengarang : Sanie B Kuncoro

Tahun Terbit : 2011

Penerbit : Gradien Mediatama

Jumlah Halaman : 184 hal

Kategori : Romance, Fiction, Kumcer

Harga : Rp. 31.000,-

 

Kumcer ke-2 yang aku baca tahun ini. Berikut pendapatku tentang kedua belas cerpen yang kubaca acak dan ku-review acak :D

1.   Melepas Ranting Hati

Kurang banyak! Aduh ini kaya ga niat bikin cerita, aku butuh kelanjutannya tentang nasib Lare, Karin, dan Giri🙂

2.   Seikat Edelweis

Gugi dan Bea yang masing-masing punya pendapat tersendiri dengan istilah naik gunung, dan akhirnya didapat penyelesaian yang manis dengan seikat Edelweis🙂

3.   Kerlip Bintang Malam

Benci sekali dengan Renjani yang masi terikat dengan lelaki di masa lalu. Kemudian bangga karena memang lelaki yang tak pantas diharapkan dan Renjani tegas dalam mengambil keputusan🙂

4.   Di Ambang Hari Valentin

Geld, lelaki yang setia menunggu sang belahan hati dan akhirnya memang dipertemukan kembali saat menjelang velentine tiba🙂

5.   Belahan Hati

Di sini kita seperti melihat Giri versi cewek di cerita ‘Melepas Ranting Rindu’. Tetapi lebih puas karena dicerpen ini Kirane tahu mesti memilih siapa antara Ajie dan Josh🙂

6.   Aku Memilih Sepi

Nyesek deh pas baca ini, akhir yang sepi memang sesuai judulnya. Jade yang menentukan pilihan atas Lukas.

7.   Lembah Kali Kuning

Masi bertema ‘naik gunung’ pertemuan dengan seseorang yang mengusik masa lalu membuat Mera terguncang dan dilemma dalam memilih antara Jonathan dan Geld. Alur yang maju mundur bikin bingung karena ga ada penanda khusus😦

8.   Ini Cavantina, Jo!

Cerpen favoritku! Dengan tema perjodohan orang tua yang sudah terkesan jadul tetapi selalu memikat hati🙂. Suka sekali sama Josh dan Seno, dan sangat berterima kasih sekali sama Jer yang ngambil keputusan tepat buat ga mengejar Seno😀

9.   Sejauh Perjalanan

Cerpen yang paling menyebalkan dan juga jadi favoritku! Jade yang lemah hati percaya begitu saja dengan ramalan sang Niko! Menyebalkan memang, hal ini juga yang membuat dia berpisah dengan Jati. Tapi tentu saja dengan ending yang manis, suka sekali🙂

10. Anyelir Putih

Cerpen yang paling bikin bingung! Apa hubungan isi dengan judul? Apa akunya yang lemot? Hans yang tiba-tiba putus dengan Kenanga karena taruhan konyol. Dan dengan penyelesaian yang terbilang aneh dan kurang bikin aku puas. Dan kenapa pula nama Kenanga dipanggil Mega? xD

11. Camar Terakhir

Sedihhhhhhhhhhhh….. tapi cerita sedih yang dibikin ga menyedihkan. Favoritku juga walau dengan ending yang sudah tertebak dari awal. Tapi hubungan yang terjalin antara Samuel dan Bintang sangat menyentuh hati🙂

12. Kidung Hutan Cemara

Cerpen penutup yang jadi favoritku juga! Ending yang manis antara R
adite dan Giri😀

 

Hey, sejak kapan aku mencintai kumcer? Aku sendiri kaget dengan kenyataan ini. Mungkin terpengaruh juga setelah membaca novel Satsuki Sensei entah kenapa aku jadi semangat walau bacaanku itu hanya kumcer dengan cerita pendek-pendek dengan ending menggantung—tentu saja. Setelah habis satu cerita aku ga terlalu uring-uringan dengan ending yang diberikan penulis. Dengan santai aku langsung menuju daftar isi memilih judul secara acak yang akan kubaca. Dan ternyata cara ini lumayan efektif karena aku menikmati pemilihan acak dari judul yang akan kubaca. Dalam hati kejutan apa lagi nih dari cerpen yang aku bakal baca. Baru kali ini aku menyadari nikmatnya membaca kumcer—kaget sendiri. Seperti yang kita tahu namanya juga cerpen pasti ceritanya juga dengan tema yang simpel karena memang disetting cepat tamat. Untuk segi isi cerita sudah kubahas di atas. Ada beberapa yang menggangguku selama membaca kumcer ini. Yang paling tidak aku mengerti ini tokoh-tokohnya nyambung ga sih? Ada beberapa nama yang sama di cerita lain, tetapi dengan peran berbeda pula. Jadi memang tidak dibuat saling berhubungan—sepertinya. Menurutku alangkah baiknya penulis memberi nama yang berbeda pada tokoh masing-masing cerpen—kalau memang tidak berhubungan. Aku yang sempat bingung merasa familier dengan nama sang tokoh harus kembali ke cerita sebelumnya untuk tahu keterhubungan masing-masing tokoh. Penulis juga sepertinya menyukai nama-nama yang unik terbukti dengan bertebarannya di tiap cerpen. Dan entah kenapa nama-nama unik sang penulis ga membuatku suka—pendapat pribadi yang ga beralasan jelas!xD. Jadi inget penulis lain yang suka memberi nama-nama unik untuk tiap tokoh novelnya😀. Untuk cetakan dari kumcer ini aku kurang puas karena banyak sekali typo yang kutemukan—hampir ditiap cerpen😦. Cetakan dengan tinta yang tipis pun kurang memuaskan mataku. Tapi sekali lagi aku sangat menikmati membaca kumcer ini. Ditambah dengan manisnya cover membuat mataku adem dengan melihat pohon cinta😀. Idenya patut diacungi dua jempol! Lucu banget covernya🙂

Kumcer dengan cover lucu ini aku beri nilai 4🙂

 

Quotes yang aku sukai🙂

Renjani hal 65

‘Satu kali terjatuh adalah lebih dari sekadar cukup’

 

Renjani hal 67

‘Aku memilihnya justru karena kupahami kekurangannya, sama seperti dia mengerti kelemahanku’

 

Tentang Penulis

 

394856_2455586394594_1400103746_31871285_280389861_n

Sanie B. Kuncoro adalah penulis yang berasal dari Surakarta dan telah menulis cerpen dan cerita bersambung sejak lebih dari 30 tahun lalu di belasan media massa nasional. Buku-buku Beliau yang telah terbit adalah Keping Kenangan (Ceritanet.com 2004), Kekasih Gelap (C Publishing 2006), Ma Yan (Bentang 2009), Mimpi Bayang Jingga (Bentang 2009), 24 Sauh (2009), Garis Perempuan (Bentang 2010), dan Memilikimu (Gagasmedia 2011). Kumcer Melepas Ranting Hati merupakan buku pertama dari penulis yang aku baca. Ingin mengenal lebih jau dan dekat silahkan kunjingi FB PENULIS🙂

 

 

Yang lainnya

Ada yang menarik saat aku searching tentang kumcer ini, ternyata dari cover novel ini yang emang unyu-unyu banget dibuat Themes khusus bagi pengguna Blackberry. Walaupun aku ga punya BB tapi ga ada salahnya dong untuk melihatnya. Silahkan bagi teman-teman yang ingin mengunduh, bisa klik tautan ini YummyWord  🙂 Sebagai info jg aku ga tau bisa di unduh secara gratis atau tidak karena tautan hanya bisa diakses dengan menggunakan BlackBerry🙂

Berikut penampakan screenshot-nya🙂

Homescreenoncharge1-300x225Homescreen1-300x225Appscreen-300x225Menu1-300x225List-300x225Incomingcall-300x225

4 thoughts on “‘Melepas Ranting Hati’

  1. mbak Sanie itu suka yang Garis Perempuan donk, setelah itu aku belum baca lagi karya-karya beliau….pengen baca yang memilikimu karena jujur aku kurang bisa baca kumcer, hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s