‘Satsuki Sensei dan kisah-kisah lain tentang cinta dan harapan’

375672_10150375800296964_84892336963_8435044_365955517_n

 

Judul : Satsuki Sensei dan kisah-kisah lain tentang cinta dan harapan

Pengarang : Primadonna Angela

Tahun Terbit : Cetakan I, November 2011

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Jumlah Halaman : 216 hal

Kategori : Teenlit, Romance, Fiction

Harga : Rp. 35.000,-

 

Namaku Satsuki Wirya atau lebih dikenal dengan Satsuki Sensei. Aku tidak pernah bangga dipanggil dengan sebutan Sensei—walaupun kata Sensei merujuk pada orang yang dihormati. Bagaimana tidak orang yang pertama kali memanggilku Satsuki Sensei adalah Evan—orang yang sangat aku benci karena memakai kata Sensei untuk mengejekku. Padahal empat bulan yang lalu hubunganku dengannya masih baik-baik saja dan masih asyik mengobrol panjang lebar tentang judo—olahraga kesukaanku.

Ditambah lagi hari ini aku harus menghabiskan jam piketku bersama Evan. Dan tanpa diduga Evan menantangku bertanding ulang untuk membuktikan siapa yang lebih kuat diantara kami.

Bagaimana mungkin aku ga kesal?

 

Manis………………….

Ternyata setelah menamatkan kumcer Mba Donna kupikir kata yang bakal terbesit adalah kurang banyak. Yup, aku benci yang namanya cerpen, kumcer dan teman-temannya. Bagaimana tidak selalu aja berakhir dengan cerita yang nanggung dengan ending menggantung di sana sini. Tapi tidak kali ini, aku merasa tiap cerita dengan ending yang pas dan memuaskan para pembaca. Keterkaitan tokoh antara satu cerita dengan yang lainnya juga memang berpengaruh karena mau tidak mau dengan membaca cerita yang lainnya kita akan mengetahui bagaimana nasib tokoh dari cerita sebelumnya. Makanya ga bikin aku kesal dan juga karena diawal cerpen Mba Donna menyelipkan kalimat-kalimat pembuka yang indah sekali menurutku🙂

Dalam buku ini terdapat sepuluh cerpen yang memang bertema cinta dan kepercayaan. Delapan cerpen dengan ending yang bisa kutebak—walau ada satu yang sempat membuatku terkecoh. Dua diantaranya tidak bisa kutebak sama sekali. Dan entah kenapa membaca kumcer Mba Donna seakan sedang membaca komik serial cantik—yang doyan komik pasti ngerti—dengan tema cerita yang umum dipakai di manga-manga shoujo saat ini tentu saja. Aku berasumsi karena Mba Donna juga sama-sama penggemar manga sepertiku jadi sedikit banyak terpengaruh—anggapan pribadi😀. Kumcer ini mengambil sudut pandang orang pertama. Typo dalam buku ini juga ada beberapa walau hanya sedikit yang ku temukan.

Berikut ke-10 cerpen yang ada didalam buku ini. Oia cerpen ku baca acak tidak sesuai dengan urutan yang ada di dalam buku :

  •  Satsuki Sensei

“Dalam cinta siapa yang lebih berkuasa? Siapa yang jadi murid, atau gurunya? Tidak ada. Keduanya sama”

Cerpen ini dipilih tentu saja karena menjadi judul pada kumcer ini dan penasaran dengan sinopsis di belakang buku🙂. Akhir yang manis antara Satsuki dan Evan dan tak lupa kemunculan Devon yang membuatku jatuh cinta pada tokoh yang satu ini🙂

  •  Devon, Itu Nama Gue

“Adakalanya kesempatan dan kemungkinan menyapa saat kita tak mengharapkan. Apa dirimu siap kalau tiba-tiba berkat dan rahmat hadir di depan mata?”

Devon yang selalu aja kebagian peran sebagai sopir Evan, dibikin keki oleh kemesraan adiknya yang satu ini. Dan tanpa diduga hasil kerjanya sebagai sopir setia mempertemukannya dengan tambatan hatinya. Devon ini satu-satunya cerpen yang dibikin dengan akhir yang sangat menggantung. Tapi denger-denger nih kalau ga salah Mba Donna mau ngelanjutin cerita tentang Devon—semoga saja😀.

  •  Bintang dan Lazuardi

“Mereka berkata bintang dan lazuardi harusnya selalu bersama agar kita, yang berada di bawahnya dapat merasakannya, selamanya”

Cerpen favoritku! Bercerita tentang Bintang—sahabat Satsuki. Baru saja diputusin oleh pacarnya dan pertemuan dengan Ardi—Lazuardi secara ga sengaja dan ga pake lama mereka jadian. Tapi cerita ga selesai sampai disitu karena ada yang ‘beda’ dengan Ardi! Asli idenya bikin aku kaget dan ini bener-bener seperti baca manga dan aku juga merasa pernah membaca cerita yang sama, aku jadi merasa manga versi cerpen🙂

  •  Transformasi Sita

“Saat mencari pasangan, apa yang penting untuk kaupertimbangkan? Selain cinta, kesetiaan, pengertian, dan kepercayaan… sepertinya tidak ada lagi yang patut dipikirkan”

Kali ini giliran Sita—sahabat Bintang dan Satsuki—yang terpedaya oleh ‘iblis’ yang membuatnya berubah 180° dan mengancam retaknya hubungan yang sudah dirajut dengan indah bersama pacarnya.

  •  Dewi Inspirasi

“You can borrow other people’s ideas and pass them as your own. But time will always tell, it will show what your true colors really are”

Aku
merasa tertohok pas baca cerpen ini, disaat aku merasa malas-malasan buat sekolah, menghabiskan waktu di kelas dengan hanya mengobrol ga penting dengan teman padahal Dewi—anak ibu kantin—begitu mendambakan untuk sekolah. Duh aku jadi malu sendiri pas baca cerpen ini dan jadi belajar banyak dari Dewi🙂

  •  Rahasia Debora

“Rahasia kata sederhana dengan sejuta makna katanya, semua orang punya. Kamu juga? Ssst, simpan sebaik-baiknya!”

Kesan yang ku dapat, tiap orang pasti punya rahasia yang tidak ingin diketahui oleh siapapun. Tetapi terkadang akan lebih baik bahwa sesuatu yang awalnya menjadi rahasia lebih baik tidak menjadi sebuah rahasia lagi—bingung sendiri :b

  •  Surat Cinta

“Unlike what Confucius said, I believe sincere words can be both beautiful and meaningful. You’ll know the words are empty when they are all that you can see. You know words can be trusted when they are followed by actions, unlimited”

Dua jempol buat surat cinta yang bikin aku pun ikut meleleh seperti Farah😀. Idenya keren Farah dapet surat cinta dari buku catatannya yang suka dipinjam oleh teman-teman sekelasnya. Favoritku juga dan salah satu surat cinta yang so sweet versiku  

I am a guy who always yearns. I have that always burns. I have a hope that always churns. To know you. More. Every passing day’

  •  Objet d’Art

“Karya seni adalah sesuatu yang indah dan bisa dinikmati dengan mudah. Bagi orang yang sedang jatuh cinta tak ada yang lebih memukai daripada si dia”

Awalnya aku ga begitu paham dengan judul cerpen yang satu ini—keliatan ga gahulnya :b. Bahwa artinya karya seni yang menggugah sanubari, salah satu cerpen yang tak bisa kutebak endingnya. Bercerita tentang Nino—teman Farah—pasca kecelakaan yang menimpanya dia hanya berdiam diri di balkon kamarnya yang tak sengaja mendapati seorang gadis yang selalu memerhatikan rumahnya.

  •  Kabarnya…

“Percayakah pada sesuatu yang tak kasatmata? Terkadang semua tetap terjadi meski tak ada yang menyakininya”

Darla yang menginginkan Edi sebagai pacarnya dengan terpaksa menggantungkan harapannya pada sebuah pohon beringin. Agak  mistis ceritanya dan dengan ending yang tak bisa kutebak.

  •  Kopdar

“Expect the worst, and you’ll be relieved. Expect the best, and you won’t be disappointed. For the universe responds well to positive energies even though sometimes, you fail to realize”

Lucu, kesanku sama cerpen yang satu ini. Temanya juga sudah pasaran dan klise dan lagi-lagi membuatku berfikir ‘seperti di manga yang pernah kubaca’ tapi aku suka dan menjadi cerpen favoritku juga🙂

Untuk kumcer yang manis ini aku kasi nilai 5🙂

Quotes yang aku sukai🙂

Nino Hal 37

‘Hati-hati dalam berharap, karena saat terkabul jangan-jangan imbalannya terlalu besar’

 

Bintang Hal 56

‘Ah, itulah guna teman-teman. Mereka membuatmu tenang dan bahagia, meyakinkanmu bahwa dirimu tidak sendirian’

 

Sita Hal 97

‘Ibuku selalu berkata kalau kita tahu apa yang kita inginkan, maka semesta akan lebih cepat pula mengabulkannya’

 

Sita Hal 115

‘Di depan sahabat, tidak perlu berpura-pura. Di antara teman sejati, wajah aslimu tetap akan dihargai dan disayangi’

 

Eko Hal 129

‘Kasih sayang harus diucapkan dan ditunjukkan terang-terangan, kan?’

 

Tentang Penulis

Re_pengarang_picture_35881

Satsuki Sensei adalah buku ke-19 yang dibuat oleh Primadonna Angela dan juga merupakan kumcernya yang ketiga. Penulis saat ini tinggal di Bandung bersama mitra hidupnya, isman h. Suryaman, dan kedua buah hati mereka. Bagi temen-temen yang ingin berkenalan lebih jauh dengan penulis silahkan bisa menghubungi di Akun Twitter, Akun FB, dan FP penulis. Mba Donna orangnya baik banget loh dan juga suka bagi-bagi novel gratis🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s